Rusdiana (2016) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 BLANGKEJEREN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141049 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2.NIM.7121141049 APROVASAL SHEET.pdf - Published Version
Download (925kB) | Preview
3. NIM 7121141049 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4. NIM 7121141049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM 7121141049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6. NIM 7121141049 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7121141049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 7121141049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 7121141049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
13. NIM 7121141049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
14. 7121141049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Blangkejeren Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blangkejeren yang berjumlah 30 orang, sampel penelitian berjumlah 30 orang diambil dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah korelasi dan regresi berganda untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel keterampilan mengajar guru (X1) memiliki korelasi pada kategori cukup dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0.715 dan memiliki pengaruh positif dan signifikan karena thitung > ttabel yaitu 7.719 > 1.672. Variabel motivasi belajar (X2) memiliki korelasi pada kategori tinggi dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0.815 dan memiliki pengaruh positif dan signifikan karena thitung > ttabel yaitu 10.522 > 1.672. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitung Fhitung yang sebesar 58.403 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 3.16. Hasil perhitungan menggunakan regresi linear berganda, didapat koefisien regeresi Y = 18.411 + 0.260 X1 + 0.768 X2. Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar memberikan sumbangsih sebesar 67.60% terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blangkejeren Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang ditunjukkan pada koefisien determinasi 32.40%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar analisa penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Blangkejeren dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 028 |
Keywords: | Teknologi Informasi; Variasi Gaya Mengajar Guru;Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 03:37 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14911 |