PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016

Togatorop, Odortua Marianita (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM.7113142041.JUDUL.pdf]
Preview
Text
1.NIM.7113142041.JUDUL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM.7113142041.LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.NIM.7113142041.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (724kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM.7113142041.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4.NIM.7113142041.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM.7113142041.KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3.NIM.7113142041.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM.7113142041.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM.7113142041.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM.7113142041.DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6.NIM.7113142041.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM.7113142041.DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7.NIM.7113142041.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM.7113142041.DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8.NIM.7113142041.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM.7113142041.BAB I.pdf]
Preview
Text
9.NIM.7113142041.BAB I.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM.7113142041.BAB V.pdf]
Preview
Text
13.NIM.7113142041.BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM.7113142041.DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.NIM.7113142041.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
akuntansi siswa dikelas X Ak SMK Negeri 1 Binjai . Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hasil belajar akuntansi dengan menggunakan strategi
pembelajaran Higher Order Thinking pada siswa kelas X AK SMK Negeri 1
Binjai pada pokok bahasan Laporan Keuangan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Binjai pada Tahun Ajaran
2015/2016, dengan jumlah populasi 80 orang. Sampel dalam penelitian ini
diambil dengan Purposive Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 34 orang
dan kelas kontrol 34 orang. Tehnik yang digunakan untuk mengukur hasil belajar
adalah tes berbentuk pilihan berganda 20 item. Tehnik analisis data yang
digunakan yaitu dengan menentukan nilai rata-rata, varians, menghitung uji
normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F,
menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila
menunjukkan t hitung > t tabel pada α = 0,05
Dari hasil analisis data dan perhitungan diperoleh nilai rata-rata postes
pada eksperimen 84,11 dengan standar deviasi 5, 569 dan kelas kontrol diperoleh
rata-rata 75,58 dengan standar deviasi 6,368. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Pada postes hasil belajar diperoleh t
= 2,511 sedangkan t1-1/2 = 1,1999 dengan t > t1-1/2 sehingga Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan strategi pembelajaran Higher Order Thinking lebih tinggi secara
signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan
metode Konvensional pada siswa kelas X Ak SMK Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran
2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 095
Keywords: Strategi pembelajaran; Higher Order Thinking; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Aug 2016 02:51
Last Modified: 30 Aug 2016 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14904

Actions (login required)

View Item
View Item