Togatorop, Odortua Marianita (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.7113142041.JUDUL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2.NIM.7113142041.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
4.NIM.7113142041.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
3.NIM.7113142041.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5.NIM.7113142041.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6.NIM.7113142041.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7.NIM.7113142041.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.NIM.7113142041.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9.NIM.7113142041.BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13.NIM.7113142041.BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14.NIM.7113142041.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
akuntansi siswa dikelas X Ak SMK Negeri 1 Binjai . Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hasil belajar akuntansi dengan menggunakan strategi
pembelajaran Higher Order Thinking pada siswa kelas X AK SMK Negeri 1
Binjai pada pokok bahasan Laporan Keuangan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Binjai pada Tahun Ajaran
2015/2016, dengan jumlah populasi 80 orang. Sampel dalam penelitian ini
diambil dengan Purposive Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 34 orang
dan kelas kontrol 34 orang. Tehnik yang digunakan untuk mengukur hasil belajar
adalah tes berbentuk pilihan berganda 20 item. Tehnik analisis data yang
digunakan yaitu dengan menentukan nilai rata-rata, varians, menghitung uji
normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F,
menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila
menunjukkan t hitung > t tabel pada α = 0,05
Dari hasil analisis data dan perhitungan diperoleh nilai rata-rata postes
pada eksperimen 84,11 dengan standar deviasi 5, 569 dan kelas kontrol diperoleh
rata-rata 75,58 dengan standar deviasi 6,368. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Pada postes hasil belajar diperoleh t
= 2,511 sedangkan t1-1/2 = 1,1999 dengan t > t1-1/2 sehingga Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan strategi pembelajaran Higher Order Thinking lebih tinggi secara
signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan
metode Konvensional pada siswa kelas X Ak SMK Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 095 |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Higher Order Thinking; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 02:51 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14904 |