Sipahutar, Rohani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT DENGAN PEMBERIAN HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7122142007 COVER.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
02. NIM. 7122142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
03. NIM. 7122142007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (981kB) | Preview
04. NIM. 7122142007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
05. NIM. 7122142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
06. NIM. 7122142007 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM. 7122142007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
08. NIM. 7122142007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. NIM. 7122142007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM. 7122142007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 7122142007 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan model pembelajaran Point Counter Point dengan pemberian
Handout lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode
pembelajaran konvensional siswa kelas X SMK Swasta Nur Azizi Tanjung
Morawa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa
yang beralamat di Jl. Pahlawan, Deli Serdang pada semester genap Tahun
Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. Sampel dalam penelitian ini diambil
dengan teknik simple random sampling, yaitu kelas X AK 1 sebagai kelas
eksperimen dan X AK 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas 36
siswa dengan jumlah sampel 72 siswa. Teknik pengambilan data penelitian yang
digunakan adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda
sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata dengan kelas eksperimen
pre-test ̅ ; SD = 10,71 dan post-test ̅ ; SD = 9,88. Sedangkan
kelas kontrol pre-test ̅ ; SD = 10,45 dan post-test ̅ ; SD =
10,08. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t dan dk =
(n1 + n2)-2 pada taraf Dari data perhitungan hipotesis thitung = 4,3419
sedangkan ttabel = 1,669. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung >
ttabel yaitu 4,3419 > 1,669 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga
dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran
Point Counter Point dengan pemberian Handout lebih tinggi secara signifikan
daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran
konvensional pada siswa kelas X SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 077 |
Keywords: | Point Counter Point Dengan Pemberian Handout; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 08:41 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14885 |