Simbolon, Vevi Alwinna (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN AKTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA GKPS 1 PEMATANG RAYA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7122142010 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7122142010 APPROVAL.SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. NIM 7122142010 ABSTRACK.pdf.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4. NIM 7122142010 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. NIM 7122142101 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM 7122142010 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7. NIM 7122142010 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7122142010 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM 7122142010 CHAPTER I. pdf.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM 7122142010 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM 7122142010 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA GKPS 1 Pematang Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dan pendekatan Active Knowledge Sharing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional.
Penelitian ini dilakukan di SMA GKPS 1 Pematang Raya, yang beralamat di Jl. Guru Jason No. 03 Pematang Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI IPS SMA GKPS 1 Pematang Raya yang berjumlah 49 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dan pendekatan Active Knowledge Sharing dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional, yang masing – masing berjumlah 20 orang dan total sampel 40 orang. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian data postest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh rata – rata nilai postest sebesar 78,25 dan standar deviasi 6,12 sedangkan nilai rata – rata postest kelas kontrol sebesar 59,25 dengan standar deviasi 8,15. Dan ditemukan data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh sebesar 8,333 dan sebesar 1,684 pada taraf = 0,05, setelah membandingkan dengan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh bahwa > atau 8,333 > 1,684, yang berarti hipotesis penelitian diterima.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Thingking Aloud Pair Problem Solving dan pendekatan Active Knowledge Sharing lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 089 |
Keywords: | Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving; pendekatan Active Knowledge Sharing; Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 08:03 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14880 |