Purba, Daniati (2016) PENGARUH KECERDASAN AKADEMIK DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA METHODIST LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123342004 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 7123342004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
4. NIM. 7123342004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM. 7123342004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
5. NIM. 7123342004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM. 7123342004 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 7123342004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 7123342004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 7123342004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
13. NIM. 7123342004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
14. NIM. 7123342004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan akademik dan interaksi edukatif terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Methodist Lubuk Pakam pada mata pelajaran akuntansi T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di SMA Methodist Lubuk Pakam di Jalan Teuku Cik di Tiro No.34 Lubuk Pakam, kabupaten Deli Serdang. Periode 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS-1 dan 2 yang berjumlah 80 orang, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian meggunakan Sampel total yaitu berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear berganda, uji t,uji F. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji linearitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI dalam kategori rendah yaitu 56,25%. Regresi linear berganda Y=63,040+0,140X1+0,151X2. Berdasarkan hasil penelitian pada Variabel Kecerdasan Akademik (X1) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap hasil belajar akuntansi siswa siswa dengan nilai sig<α yaitu 0,029 < 0,05 dengan nilai thitung>ttabel (2,231>1,666). Sama halnya dengan interaksi edukatif (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai sig>α yaitu 0,022< 0,05 dengan thitung > ttabel (2,335>1,666). Secara simultan kecerdasan akademik dan interaksi edukatif berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai sig<α yaitu 0,000<0,05. Dengan nilai Fhitung>Ftabel (12,260>3,11) maka Ho ditolak Ha diterima, dan koefisien determinasi sebesar 24,2 %.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan akademik dan interaksi edukatif terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Methodist Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 091 |
Keywords: | Kecerdasan Akademi; Interaksi Edukatif; Hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 07:44 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14876 |