Safura, Nur (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBBLOG TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142038 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7123142038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (869kB) | Preview
4. NIM. 7123142038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM. 7123142038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 7123142038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
6. NIM. 7123142038 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM. 7123142038 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
8. NIM. 7123142038 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM. 7123142038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
12. NIM. 7123142038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
14. NIM. 7123142038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Berbasis Webblog lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi pelajaran mengelola administrasi kasbank pada siswa kelas XI AK SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa yang beralamat di Pahlawan No. 28 Tanjung Morawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK yaitu sebanyak 95 orang, dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yang terdiri dari 2 kelas , kelas XI AK 1 yang berjumlah 24 orang dan kelas XI AK 2 yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung nilai rata-rata dan standard deviasi, uji normalitas ,uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis tidak dapat ditolak.
Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 46,25 dengan standar deviasi 9,12 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 74,79 dengan standar deviasi 7,29. Dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 49,58 dengan standar deviasi 8,95 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 81,25 dengan standar deviasi 6,63. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan = 0,05. Pada posttest hasil belajar diperoleh thitung = 3,20 sedangkan ttabel = 1,680 dengan thitung > ttabel sehingga Ha tidak dapat di tolak.
Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Webblog lebih tinggi dibanding hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran akuntansi materi mengelola administrasi kas bank kelas XI AK SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 093 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Webblog ;Model konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 07:29 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14873 |