Eviyana (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123142019 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7123142019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
4. NIM. 7123142019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
3. NIM. 7123142019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
5. NIM. 7123142019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM. 7123142019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 7123142019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7123142019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. NIM. 7123142019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
13. NIM. 7123142019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 7123142019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan Media Pembelajaran Mind Map lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas X AK SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa yang beralamat di Jalan Pahlawan No. 28 Tanjung Morawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa yaitu sebanyak 97 orang, dan Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu terdiri dari 2 kelas masing – masing berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test pilihan berganda berjumlah 20 soal yang langsung diambil dari buku teks sehingga validitas dan reliabilitas telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung nilai rata-rata, standard deviasi dan varians, uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis tidak dapat ditolak.
Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 45,4 dengan standar deviasi 8,88 dan nilai rata-rata postest yaitu sebesar 81,2 dengan standar deviasi 10,92. Dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 46,4 dengan standar deviasi 6,53 dan nilai rata-rata postest yaitu sebesar 71,4 dengan standar deviasi 9,41. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan = 0,05. Pada postest hasil belajar diperoleh thitung = 3,4 sedangkan ttabel = 1,678 dengan thitung > ttabel sehingga Ha tidak dapat di tolak.
Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan media pembelajaran Mind Map lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran konvensional Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 AKT 092 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Media Pembelajaran;Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 07:09 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14870 |