Kirana, Ika Okta (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 064997 KECAMATAN MEDAN LABUHAN T.A 2014/2015 MELALUI PENDEKATAN REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126182015 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 8126182015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
3. NIM. 8126182015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM. 8126182015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM. 8126182015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 8126182015 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM. 8126182015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8126182015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM. 8126182015 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
13. NIM. 8126182015 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
14. NIM. 8126182015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (3) Mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran matematika realistik terhadap pembelajaran matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SD Negeri 064997 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Untuk klasikal kelas pada siklus I sebesar 65,20%, pada siklus II menjadi 70,40%, dan pada siklus III menjadi 80,45%, (2) pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, untuk klasikal kelas meningkat dari 68,71% pada siklus I menjadi 72,96% pada siklus II serta 80,99% pada siklus III, (3) penerapan pembelajaran matematika realistik terhadap proses pembelajaran matematika efektif, ditandai dengan tercapainya (i) ketuntasan klasikal sebesar 88,89% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 85%, (ii) ketuntasan tujuan pembelajaran pada siklus III mencapai 88,88% siswa yang mencapai ketuntasan tujuan pembelajaran 75% untuk setiap individu, (iii) persentase aktivitas siswa kategori baik sebesar 77,78% pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 83,33% pada siklus III, untuk kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 82,05% diatas kriteria yang ditetapkan yaitu 80%, (iv) waktu yang efisien, dimana penerapan pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan waktu pada RPP (v) respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik adalah sangat baik, untuk skor angket respon siswa sebesar 81,25% pada siklus III. Rekomendasi atas hasil penelitian ini adalah para guru agar melaksanakan pembelajaran matematika realistik sebagai salah satu alternatif upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.72 Kir m |
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah;Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 08:01 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 01:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1486 |