Bintang, Sarah Humaira (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA HARAPAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341103 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7123341103 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
4. NIM 7123341103 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. NIM 7123341103 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM 7123341103 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 7123341103 TABLES.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7. NIM 7123341103 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM 7123341103 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
9. NIM 7123341103 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
13. NIM 7123341103 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 7123341103 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar Ekonomi yang
diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example dengan
Pendekatan Saintifik lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi yang diajar
dengan menggunakan metode Konvensional Siswa Kelas XI IPS Di SMA
Harapan Medan Tahun pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Harapan Medan yang beralamat di Jln.
Imam Bonjol, No. 35, Jati, Medan Maimun. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas XI IPS. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
adalah Total Sampling. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI IPS
1 dan kelas XI IPS 2 yang masing-masing kelas terdiri dari 25 siswa dengan
jumlah total 50 siswa. Alat pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar
ekonomi digunakan tes objektif yang berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 5
pilihan jawaban (A, B, C, D, E), yang berjumlah 20 butir soal. Teknik analisis
data untuk menguji hipotesis digunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar
dengan menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example dengan
Pendekatan Saintifik lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar ekonomi
yang diajar dengan menggunakan Metode Konvensional. Dibuktikan dengan hasil
analisis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung = 5,01 dan nilai ttabel
= 1,68 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan dk = 48. Maka thitung > ttabel (5,01
> 1,68). Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata kelas ekperimen sebesar
77,8 sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata 62. Rata-rata hasil belajar
Ekonomi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi 15,8 dari pada rata-rata hasil
belajar Ekonomi siswa kelas kontrol.
Disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Model
Pembelajaran Example Non Example dengan pendekatan Saintifik lebih tinggi
secara signifikan dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Metode
Konvensional siswa kelas XI IPS Di SMA Harapan Medan T.P 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 013 |
Keywords: | Hasil belajar; Model Pembelajaran; Metode Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 03:35 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14856 |