Situmorang, Eduward (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 7123341025 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
NIM. 7123341025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
NIM. 7123341025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
NIM. 7123341025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
NIM. 7123341025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
NIM. 7123341025 TABLES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
NIM. 7123341025 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
NIM. 7123341025 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
NIM. 7123341025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
NIM. 7123341025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X
IPS SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan yang beralamat di
Jalan Gelas No. 12 Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X IPS yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 75 siswa.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sampling
jenuh/ total yaitu seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Medan Tahun Ajaran
2015/2016, yang terdiri dari kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2. Data hasil belajar
siswa diperoleh dengan menggunakan tes berupa soal pilihan ganda setelah
diberikan perlakuan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada
kelas Eksperimen dan model pembelajaran Think Pair Share pada kelas kontrol.
Uji instrumen dilakukan melalu uji Validitas untuk analisis butir soal
menggunakan rumus Pearson Product Moment, uji Reliabilitas diperoleh dengan
menggunakan rumus Cronbach Alpha, tingkat kesukaran tes dan daya pembeda
tes. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan uji t pada taraf
kepercayaan signifikan 95% atau alpha 5%. Teknik analisa data dilakukan melalui
langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians, dan standar deviasi.
Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, setelah
itu melakukan pengujian hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas
eksperimen adalah 38,16 dan 83,42 dengan standar deviasi 11,707 dan 7,893.
Nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas kontrol adalah 55,81 dan 74,19
dengan standar deviasi 11,396 dan 9,318. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
> yakni 4,6605 > 1,9957. Dengan demikian hipotesis yang
menyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran
Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS
SMA Negeri 4 Medan T.A 2015/2016 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 010 |
Keywords: | Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 03:14 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14851 |