Tarigan,, Saria Netta (2016) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 712141134 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2 NIM 7123141134 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
3 NIM 7123141134ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4 NIM 7123141134 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5 NIM 7123141134 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6 NIM 7123141134 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 NIM 7123141134 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 7123141134 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9 NIM 7123141134 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13 NIM 7123141134 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14 NIM 7123141134 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh fasilitas belajar di sekolah dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar
ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Ajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri
1 Berastagi dengan jumlah 123 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian
ini menggunakan teknik random sampling (acak) dengan jumlah sampel 31
responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 20 butir,
kuesioner dinyatakan reliable dengan Alpha Cronbach 0,897 untuk variable fasilitas
belajar di sekolah dan 0,878untuk variable minat belajar. Selain itu digunakan studi
dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda, perhitungan determinasi R2 , dan untuk
menguji hipotesis digunakan uji t ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara
parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F.
Hasil anlaisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda
pada penelitian ini yaitu Y=37,124 – 0,327X1 + 0,775X2. Selain itu determinasi nilai
Ajusted R Square sebesar 0,580 atau 58%. Berdasarkan hasil analisis data dapat
disimpulkan sebagai berikut : 1) Tidak terdapat pengaruh yang positif dan tidak
signifikan antara fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi. 2)
Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa terhadap
prestasi belajar ekonomi. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara
fasilitas belajar di sekolah dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi.
Kepada pihak sekolah, guru dan orangtua diharapkan mampu
memperhatikan fasilitas belajar yang baik dan menumbuhkan minat belajar siswa
dengan tujuan untuk mencapai prestasi belajar yang memuaskan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 006 |
Keywords: | Fasilitas Belajar;Minat Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 02:50 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14848 |