Sihotang, Lady Margaretha (2016) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341060 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 7123341060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
3. NIM 7123341060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
4. NIM 7123341060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. NIM 7123341060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM 7123341060 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 7123341060 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 7123341060 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 7123341060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM 7123341060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 7123341060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah belum maksimalnya prestasi belajar
ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
keterampilan mengajar guru dan kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 14
Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 14 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 102 orang dan
sampel berjumlah 36 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur
keterampilan mengajar guru dan kreativitas guru dalam pembelajaran berupa
angket yang berjumlah 20 item angket untuk masing-masing variabel dan studi
dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validatas angket diuji
dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabel angket diuji
dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan
rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial
digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji F.
Setelah uji validatas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masingmasing
variabel 20 item hasilnya kesulurannya valid. Dan untuk hasil uji
reliabilitas angket diperoleh 0,836>0,329 (r11>rtabel) untuk penggunaan
keterampilan mengajar guru dan 0,925 > 0,329 (r11 > rtabel) untuk kreativitas guru
dalam pembelajaran. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan
garis linear Y = 51,934 + 0,140 X1 + 0.335 X2. Secara parsial menunjukkan bahwa
ada pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar sebesar 2,386
(23,86%) dan ada pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap prestasi
belajar sebesar 6,396 (63,96%) dan untuk uji F diperoleh Fhitung sebesar 63,273
sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3,29 berarti Fhitung > Ftabel
(63,273>3,29) maka hipotesis diterima atau terdapat pengaruh positif dan
signifikan keterampilan mengajar guru dan kreativitas guru dalam pembelajaran
terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 14 Medan
Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 007 |
Keywords: | Keterampilan Mengajar Guru; Kreativitas Guru; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 02:46 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14847 |