Sihombing, Susiyanti (2016) PENGARUH SIKAP DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 7123141143 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2 NIM 7123141143 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
3 NIM 7123141143 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4 NIM 7123141143 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5 NIM 7123141143 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
6 NIM 7123141143 TABLES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
7 NIM DAFTAR ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
8 NIM 7123141143 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
12 NIM 7123141143 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13 NIM 712314114 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah sikap pada mata pelajaran
ekonomi dan konsep diri memberikan pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Gajah Mada
Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh sikap pada mata pelajaran ekonomi dan konsep diri terhadap prestasi
belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA
Swasta Gajah Mada Medan T. P 2015/2016 yang terdiri dari satu kelas yaitu XI
IPS yang berjumlah 30 siswa. Sampel penelitian ini adalah 30 orang yang
diperoleh melalui teknik sampel Total Sampling. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah dengan observasi,dokumentasi,wawancara dan angket. Uji
validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus product moment.
Sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik
analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F dan R2.
Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 40,630
+ 0,246 X1 + 0,305 X2 yang berarti variabel sikap pada mata pelajaran ekonomi
(X1) dan konsep diri (X2) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi.
Pada uji Determinan R2 diperoleh nilai R = 0,378 yaitu menyatakan bahwa sikap
pada mata pelajaran ekonomi dan konsep diri memberikan kontribusi sebesar
37,8% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Pengujian secara parsial
menunjukkan bahwa variabel sikap pada mata pelajaran ekonomi mempunyai
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi thitung>
ttabel (2.853> 1.701) dengan nilai sig 0,008 < 0,05 dan untuk variabel konsep diri
juga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar
ekonomi thitung> ttabel (3.412>1.701) dengan nilai sig 0,002 < 0,05. Dan antara
sikap pada mata pelajaran dan konsep diri secara simultan berpengaruh terhadap
prestasi belajar siswa ini ditunjukkan pada nilai Fhitung>Ftabel (8.209> 3,35).
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa variabel Sikap
pada mata pelajaran ekonomi (X1) dan Konsep Diri (X2) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa (Y) baik secara parsial
maupun secara simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 019 |
Keywords: | Sikap; Konsep Diri; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 02:32 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14846 |