Napitupulu, Arta Melinda (2016) PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2013 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141017 COVER.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2. NIM 7123141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
4. NIM 7123141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
3. NIM 7123141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM 7123141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM 7123141017 PICTURE.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 7123141017 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 7123141017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM 7123141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM 7123141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM 7123141017 BIBLIOGRAPFY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2013 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2013 Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan Estate. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 5 kelas dengan jumlah mahasiswa 107mahasiswa. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 53mahasiswa. Data keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu diperoleh dengan menggunakan angket dan data prestasi hasil belajar mahasiswa diperoleh dari kartu hasil studi mahasiswa (KHS). Validatas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda, determinasi R2 Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji F.
Setelah uji validitas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masing-masing variabel 25 instrument hasilnya 23 soal yang valid untuk variabel X1 dan 24 soal yang valid untuk variabel X2. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0.744 > 0.279 (rhit> rtabel) untuk kekatifan berorganisasi dan 0.750 > 0.279 (rhit> rtabel) untuk manajemen waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan perhitungan thitung = 3.698> ttabel = 1.675 dengan nilai signifikan 0.000<005. Dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen waktu terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung = 2.721> ttabel = 1.675 dengan nilai signifikan 0.000<005. Serta ada pengaruh positif yang signifikan antara keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar mahasiswa melalui uji F (simultan) dengan perhitungan membandingkan nilai Fhitung = 55.269> Ftabel= 3.18 dengan nilai signifikansi 0.000<0.05. Selain itu determinasi nilai adjusted R Square sebesar 0.689 atau 68.9 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 074 |
Keywords: | Keaktifan Berorgansasi; Manajemen Waktu; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 02:22 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14844 |