Setiani, Agung (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. NIM. 7123341006 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. NIM. 7123341006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
4. NIM. NIM. 7123341006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
3. NIM. NIM. 7123341006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. NIM. 7123341006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
6. NIM. NIM. 7123341006 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. NIM. 7123341006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. NIM. 7123341005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
12. NIM. NIM. 7123341006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM. NIM. 7123341006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan dari kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Persiapan Stabat Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Persiapan Stabat yang beralamat di Jalan HIB. Tembeleng Tebasan Stabat Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan undian pada kelas XI IPS SMA Swasta Persiapan Stabat Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2. Data hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes berupa soal pilihan ganda setelah diberikan perlakuan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Team Games Tournament (TGT) pada kelas eksperimen dan metode konvensional pada kelas kontrol. Uji validitas untuk analisis butir soal menggunakan rumus Pearson Product Moment dan uji Reliabilitas diperoleh dengan menggunakan rumus Krusder Richarson. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan uji t pada taraf kepercayaan signifikansi 95% atau alpha 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 4,538 ˃ ttabel =1,64. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Persiapan Stabat Tahun Ajaran 2015/2016 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 051 |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning;Team Games Tournament; Hasil Belajar Ekonomi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 04:30 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14832 |