Situmorang, Junita Erawati (2016) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341059 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM 7123341059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
4. NIM 7123341059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
3. NIM 7123341059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 7123341059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
6. NIM 7123341059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7123341059 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 7123341059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7123341059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM 7123341059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM 7123341059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi
belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA
Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Parulian 2 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 122 orang dan sampel
berjumlah 30 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur minat belajar
dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 20 item untuk masing-masing
variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa.
Validatas angket diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment.
Reliabel angket diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian
data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji
hipotesis secara secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji F.
Setelah uji validatas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masingmasing
variabel 20 item hasilnya keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji
reliabilitas angket diperoleh 0,917 > 0,3610 (r11 > rtabel) untuk variabel minat
belajar dan 0,915 > 0,3610 (r11 > rtabel) untuk variabel motivasi belajar. Hasil
analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 27,217 +
0,260X1 + 0.507X2. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh minat
belajar terhadap prestasi belajar sebesar 2,452 (24,52%) dan ada pengaruh
motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 6,133 (61,33%) dan untuk uji f
diperoleh Fhitung sebesar 79,939 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar
3,37 berarti Fhitung > Ftabel ( 80,025 > 3,37 ) maka hipotesis diterima atau ada
pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Parulian 2 Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 017 |
Keywords: | Minat Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 04:07 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14828 |