Safitri, Devi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NURUL ISLAM INDONESIA BARU MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7122141002 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM 7122141002 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (820kB) | Preview
4. NIM 7122141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
3. NIM 7122141002 PERFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM 7122141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 7122141002 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 7122141002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM 7122141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
12. NIM 7122141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM 7122141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 7122141002 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Time Token lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 52 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan X-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa, digunakan adalah Total Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Time Token lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Time Token adalah pretes sebesar 52,69, standar deviasi = 9,51 dan postes sebesar 80,19, standar deviasi = 12,84, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 52,88, standar deviasi= 8,96 dan postes sebesar 63,65, standar deviasi = 9,64. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,405>1,67 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0.05.
Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Model Pembelajaran Time Token lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Metode Konvensional pada siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 066 |
Keywords: | Model Pembelajaran Time Token; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 03:11 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14827 |