PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NURUL ISLAM INDONESIA BARU MEDAN T.P 2015/2016

Safitri, Devi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NURUL ISLAM INDONESIA BARU MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7122141002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7122141002 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7122141002  APPROVALSHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7122141002 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (820kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7122141002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7122141002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7122141002 PERFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7122141002 PERFACE.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7122141002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7122141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7122141002 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7122141002 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7122141002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7122141002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7122141002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7122141002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 7122141002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 7122141002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7122141002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7122141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7122141002 CURRICULUM VITAE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7122141002 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Time Token lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 52 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan X-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa, digunakan adalah Total Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Time Token lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Time Token adalah pretes sebesar 52,69, standar deviasi = 9,51 dan postes sebesar 80,19, standar deviasi = 12,84, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 52,88, standar deviasi= 8,96 dan postes sebesar 63,65, standar deviasi = 9,64. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,405>1,67 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0.05.
Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Model Pembelajaran Time Token lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Metode Konvensional pada siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 EKO 066
Keywords: Model Pembelajaran Time Token; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 03:11
Last Modified: 25 Aug 2016 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14827

Actions (login required)

View Item
View Item