Nasution, Ariyanto (2016) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN CARA BELAJARTERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN NUR AZIZI TANJUNG MORAWA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341016 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 7123341016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (758kB) | Preview
3. NIM 7123341016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM 7123341016 PERFACE.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
5. NIM 7123341016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM 7123341016 TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM 7123341016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 7123341016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 7123341016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM 7123341016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM 7123341016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh minat belajar siswa
terhadap prestasi belajar siswa, 2) apakah ada pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi
belajar siswa, 3) apakah ada pengaruh minat belajar dan cara belajar siswa terhadap prestasi
belajar siswa kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan Nur Azizi Tanjung Morawa T.P
2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pangaruh minat belajar dan cara
belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Yayasan Pendidikan
Nur Azizi Tanjung Morawa T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Yayasan Pendidikan Nur Azizi, Jl.
Pahlawan Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang, dengan populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas X yang berjumlah 170 orang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian
ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan menggunakan 25% dari
jumlah populasi yaitu sebanyak 42 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan
data ialah dokumentasi, wawancara, dan angket/kuisioner. Angket digunakan untuk
mengumpulkan data minat belajar dan cara belajar. Dokumentasi digunakan untuk
mengumpulkan data tentang nilai siswa pada mata pelajaran ekonomi semester genap.
Sebelum penelitian dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas angket.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji
hipotesis dilakukan dengan uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F).
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (2,944) > ttabel
(1,683). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara cara belajar terhadap prestasi
belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (1,804) > ttabel ( 1,638). 3) terdapat pengaruh
positif dan signifikan antara minat belajar dan cara belajar secara bersama-sama terhadap
prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai Fhitung (9,063) > Ftabel (3,24). Besarnya
sumbangan dan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh
melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar yaitu sebesar 0,317 yang artinya
sebesar 31,7% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh minat belajar (X1) dan cara belajar
(X2).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
minat belajar dan cara belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta
Yayasan Pendidikan Nur Azizi Tanjung Morawa T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 026 |
Keywords: | Minat Belajar; Cara Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 02:53 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14823 |