Ishandoyo (2016) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN doyo.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh fasilitas
belajar disekolah dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dari penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah
128 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu 50 % dari populasi
sebanyak 64 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment
sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data
menggunakan uji regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan
serta uji koefisien determinasi
Hasil penelitian menunjukan: Pertama, ada pengaruh positif dan signifikan
antara variabel fasilitas belajar (X1) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y)
kelas XI IPS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel)
2,495 > 1,999 pada α = 0,05, kedua ada pengaruh positif dan signifikan antara
variable lingkungan teman sebaya (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y)
kelas XI IPS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel)
2,318 > 1,999 pada α = 0,05. Ketiga secara simultan bahwa ada pengaruh positif dan
signifikan variabel fasilitas belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi
belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Berdasarkan
analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,221 dan = 8,648 >
= 3,15.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 024 |
Keywords: | Fasilitas Belajar; Lingkungan Teman Sebaya; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 02:45 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14821 |