Tarigan, Arini Cloudia (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI GURU MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA PERGURUAN KRISTEN METHODIST INDONESIA DI BERASTAGI T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141016 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 7123141016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (723kB) | Preview
4. NIM. 7123141016 ABSTRAK..pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
3. NIM. 7123141016 KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
5. NIM. 7123141016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
6. NIM. 7123141016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7. NIM. 7123141016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8.NIM. 7123141016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7123141016 BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
13. NIM. 7123141016 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14.NIM. 7123141016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang
variasi guru mengajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa
kelas X SMA Perguruan Kristen Methodist Indonesia di Berastagi T.P 2015/2016.
Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMA Perguruan Kristen Methodist
Indonesia di Berastagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
dokumentasi dan angket. Teknik uji coba instrument dilakukan kepada 107
responden. Populasi dalam penelitian ini ada 113 siswa dan teknik pengambilan
sampel digunakan simple random sampling yaitu 107 siswa. uji validitas
instrument menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas
menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji
regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan, serta uji koefisien
determinasi dan diolah dengan menggunakan spss 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, ada pengaruh positif
antara persepsi siswa tentang variasi guru mengajar terhadap prestasi belajar
ekonomi siswa kelas X SMA Perguruan Kristen Methodist Indonesia di Berastagi
T.P 2015/2016 yaitu berdasarkan hasi uji –t (t hitung > ttabel) atau dapat signifikansi
0,000 dan alpha 0,05 dan sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Kedua ada pengaruh yang
positif antara minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA
Perguruan Kristen Methodist Indonesia di Berastagi T.P 2015/2016 yaitu
berdasarkan uji-t (t hitung > ttabel) atau dapat signifikansi 0,000 dan alpha 0,05 dan
sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Ketiga terdapat pengaruh yang positif antara persepsi
siswa tentang variasi guru mengajar dan minat belajar secara bersama- sama
terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Perguruan Kristen
Methodist Indonesia di Berastagi T.P 2015/2016. Berdasarkan analisis diperoleh
Koefisien Korelasi (R) 0,775, Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,60 dan Fhitung
sebesar 78,157 (Fhitung 78,157 > Ftabel 3.08).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 020 |
Keywords: | Prestasi Belajar Siswa;Persepsi Siswa;Variasi Guru Mengajar; Minat Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 02:20 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14815 |