Sitepu, Juliaman (2016) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BERDASARKAN PERSEPSI SISWA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BINTANG BAYU TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7121141010_COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2. NIM. 7121141023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
4 NIM 7121141023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
3. NIM. 7121141023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM 7121141023 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 7121141023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM. 7121141023_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 7121141023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 7121141023_BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
13. NIM. 7121141023_BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM 7121141023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi profesional guru berdasarkan persepsi siswa dan fasilitas belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Ajaran 2015/2016.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru berdasarkan persespsi siswa dan fasilitas belajar secara persial dan simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N egeri 1 Bintang Bayu Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Ajaran 2015/2016 berjumlah 74 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling yaitu adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 74 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan realibilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Teknik alanisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji-t dan uji-F.
Berdasarakan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20.0 for windowsdiperoleh persamaan regresi linear berganda Y=20.543 + 0.458X1+ 0.371 X2. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara persial varibel kompetensi profesional guru (X1) memiliki pengaruh yang signifikan karena thitung> ttabel adalah7.418 > 1.993. Sedangkan variabel fasilitas belajar (X2) memiliki pengaruh yang signifikan karena thitung> ttabel yaitu 5.707 > 1.993. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap Y pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung yang sebesar 80.938> Ftabel yaitu 3.12>. Kompetensi profesioal guru dan fasilitas belajar memberikan sumbangsi 77.6% terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukan pada koefesien determinasi 0.776.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Ajaran 2015/2016.
Maka disarankan pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait perlu meningkatkan kompetensi profesional setiap guru khusus guru ekonomi di SMA Negeri 1 Bintang Bayu. Begitu juga dengan fasilitas belajar siswa di sekolah, hal ini perlu mendapat perhatian guna menunjang proses belajar mengajar yang dapat berlangsung dengan baik, efektif dan efesien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 037 |
Keywords: | Kompetensi Profesional Guru; Fasilitas Belajar;Prestasi Belajar Ekonomi Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 01:55 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14811 |