Riszkyana (2016) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141123 COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2. NIM 7123141123 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
4. NIM 7123141123 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM 7123141123 PREFACE.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
5. NIM 7123141123 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM 7123141123 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM 7123141123 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 7123141123 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7123141123 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
14. NIM 7123141123 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM 7123141123 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efikasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi sebanyak 158 mahasiswa dan sampel yang diambil sebanyak 80 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur efikasi dan kemandirian belajar mahasiswa adalah dengan menggunakan angket, validitas diuji dengan menggunakan teknik product moment dengan hasil dari 26 instrumen angket efikasi diri, 24 instrumen angket yang valid. Dan dari 26 instrumen angket kemandirian belajar, ada 23 instrumen angket yang valid. Reliabilitas angket dihitung dengan rumus Cronbach Alpha dengan hasil untuk X1(0,871 > 0,312) dan X2(0,895 > 0,312).
Untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa digunakan rumus regresi linear berganda, dan persamaan yang diperoleh adalah Y = 27,998 + 0,365X1 + 0,375X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t pada taraf signifikan alpha 5%, dengan hasil yang diperoleh bahwasanya efikasi diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi akademik dimana nilai thitung>ttabel (2,020 > 1,668) dan kemandirian belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi akademik dengan nilai thitung>ttabel (2,100 > 1,668). Sementara secara simultan efikasi diri dan kemandirian belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat berdasarkan hasil Fhitung> Ftabel (58,545 > 3,11). Efikasi diri dan kemandirian belajar memiliki koefisien determinasi sebesar 59% terhadap prestasi akademik mahasiswa, sedangkan 41% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar analisa penelitian.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi dan kemandirian belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 034 |
Keywords: | Efikasi Diri; Kemandirian Belajar; Prestasi Akademik |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 01:51 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14810 |