Samosir, Onny Oktami (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141105 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 7123141105 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
3. NIM 7123141105 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. NIM 7123141105 PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
5. NIM 7123141105 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM 7123141105 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 7123141105 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7123141105 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 7123141105 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13. NIM 7123141105 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
14. NIM 7123141105 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan
kurangnya dukungan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa
kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P. 2015/2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar
dan lingkungan keluarga secara parsial dan simultan terhadap terhadap hasil
belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri
14MedanT.P.2015/2016.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X di SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 340 siswa. Sampel dalam penelitian
ini adalah sejumlah 80 siswa yang diambil dengan tehnik pengambilan sampel
secara proportional random sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan
dengan cara observasi, tes, wawancara dan angket. Uji validitas angket
menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung
dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah regresi berganda untuk
menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel motivasi
belajar (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dimana thitung> ttabel
yaitu 6,213 >1,663 dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Variabel lingkungan
keluarga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan dimana thitung < ttabel yaitu
7,772 > 1,663 dengan signifikan 0,000> 0,05. Secara simultan variabel X1 dan X2
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadaphasil belajar. Hal ini
terlihat dari hasil perhitungan Fhitung> Ftabel yaitu 57,816 > 3,11. Hasil perhitungan
menggunakan regresi linear berganda didapat koefisien regresi Y = 34,080 +
0,231X1 + 0,313 X2.
Berdasarkanhasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi
belajarberpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Lingkungan
keluarga berpengaruh positif dan signifkan terhadap hasil belajar. Secara bersamasama
motivasi belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan
terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 048 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Lingkungan Keluarga; Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 01:43 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14807 |