Ananda, Muhammad (2016) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341071 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM 7123341071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
4. NIM 7123341071 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM 7123341071 PREFACE.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM 7123341071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM 7123341071 TABLES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. NIM 7123341071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
8. NIM 7123341071 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
9. NIM 7123341071 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
13. NIM 7123341071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM 7123341071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
15. NIM 7123341071 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh kreativitas guru
dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi, 2) apakah ada pengaruh fasilitas
belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 3) apakah ada pengaruh kreativitas guru dalam proses
pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA
Swasta Budisatrya Medan T.A. 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap hasil
belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Budisatrya Medan T.A. 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Budisatrya Medan, Jalan Letda Sujono
No.166, Bandar Selamat Medan, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas
XI IPS yang berjumlah 76 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik Total Sampling dengan menggunakan seluruh populasi yaitu sebanyak
76 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah dokumentasi,
wawancara, dan tes/kuisioner. Tes/kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data kreativitas
guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar. Dokumentasi digunakan untuk
mengumpulkan data nilai siswa pada mata pelajaran ekonomi semester genap. Sebelum
penelitian dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas angket. Analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis
dilakukan dengan uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F).
Teknik analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 20 diperoleh persamaan
garis linear Y = 3,310 + 0,079X1 + 0,893X2 + 2,239. Hasil penelitian menunjukan bahwa:
1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam proses
pembelajaranterhadap hasil belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (3,329) > ttabel
(1,665). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajarterhadap hasil
belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (32,121) > ttabel ( 1,665). 3) terdapat pengaruh
positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas
belajarsecara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai Fhitung
(591,256) > Ftabel (3,12). Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variabel bebas terhadap
variabel terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar yaitu
sebesar 0,942 yang artinya sebesar 94,2% hasilbelajar siswa (Y) dipengaruhi oleh kreativitas
guru dalam proses pembelajaran (X1) dan fasilitas belajar (X2).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar
ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Budisatrya Medan T.A. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 025 |
Keywords: | Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran; Fasilitas Belajar; Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Aug 2016 01:35 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14805 |