Tinambunan, Roito (2016) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 20 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7122141030 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 7122141030 SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
4. NIM 7122141030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
3.NIM 7122141030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM NIM 7122141030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM NIM 7122141030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. NIM NIM 7122141030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM NIM 7122141030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM NIM 7122141030 BAB I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
13. NIM NIM 7122141030 BAB V.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
14. NIM NIM 7122141030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa Kelas
XI IPS SMA N 20 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kreativitas
Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA
Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 20 Medan yang beralamat di Jl. Besar Bagan Deli
Kecamatan medan belawan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah
siswa 63 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam peenelitian ini adalah sebanyak 63 siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar ekonomi adalah
angket dalam bentuk skala likert sebanyak 20 soal untuk variabel X1 dan variabel X2 dan studi
dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar ekonomi siswa. Validatas tes diuji dengan
menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus
Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda, determinasi
R2 Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial digunakan uji t dan secara simultan
digunakan uji F.
Setelah uji validitas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masing-masing variabel
20 instrument hasilnya 15 soal yang valid untuk variabel X2 dan 15 soal yang valid untuk
variabel X2. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0.813 > 0.361 (rhit > rtabel) untuk
kreativitas belajar dan 0.855 > 0.361 (rhit > rtabel) untuk motivasi belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara kreativitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan perhitungan
thitung = 5.414 > ttabel = 1.670 dengan nilai signifikan 0.000<005. Dan ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung = 3.085 > ttabel
= 1.670 dengan nilai signifikan 0.003<005. Serta ada pengaruh positif yang signifikan antara
kreativitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa melalui uji F
(simultan) dengan perhitungan membandingkan nilai Fhitung = 50.287 > Ftabel= 3.15 dengan nilai
signifikansi 0.000<0.05. selain itu determinasi nilai adjusted R Square sebesar 0.626 atau 62.6
%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada pihak sekolah terutama guru
agar lebih menerapkan kreativitas belajar yang baik dan memiliki motivasi belajar yang tinggi
agar siswa dapat belajar dengan baik,efektif dan efisien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 077 |
Keywords: | Kreativitas Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 08:43 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14804 |