Dalimunthe, Annisa Fitri (2016) HUBUNGAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DAN PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7122141001 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 7122141001 LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING,PENGESAHAN DAN SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
4. NIM 7122141001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
3. NIM 7122141001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
5. NIM 7122141001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM 7122141001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 7122141001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 7122141001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7122141001 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13. NIM 7122141001 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 7122141001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
15. NIM 7122141001 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa
kelas X di SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.Penelitian ini membahas
apakah ada hubungan kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar
dirumah dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas x SMA Negeri 11 Medan
Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar dirumah dengan prestasi
belajar ekonomi siswa kelas x SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Medan dengan populasi sebanyak
400 Orang dan sampel sebanyak 100 responden. Tehnik pengambilan sampel adalah
simple random sampling dan instrumen yang di gunakan untuk mangukur hubungan
kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar dirumah dengan prestasi
belajar berupa angket yang berjumlah 40 soal. Hasil uji coba instrumen kelengkapan
fasilitas belajar terdiri dari 20 item dinyatakan valid dengan kriteria pengujian rhitung
> rtabel, untuk uji coba reliabilitas angket kelengkapan fasilitas belajar yang valid
diperoleh r hitung > rtabel (0,625 > 0,297) atau memiliki reliabilitas kuat. Sedangkan uji
coba instrumen penggunaan waktu belajar dirumah terdiri dari 20 item dinyatakan
valid dengan kriteria pengujian rhitung > rtabel, untuk uji coba reliabilitas angket
penggunaan waktu belajar dirumah yang valid diperoleh r hitung > rtabel (0,807 > 0,297)
atau memiliki reliabilitas kuat
Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t pada taraf signifikansi 95%
dengan alpha 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan terhadap hubungan
kelengkapan fasilitas belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar
siswa yaitu 11.747 > 1,98 dan penggunaan waktu belajar dirumah juga berpengaruh
signifikan terhadap prestasi siswa yaitu 6.583 > 1,98. Hasil yang diperoleh pada uji F
menunjukkan bahwa variabel kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu
belajar dirumah berpengaruh terhadap prestasi siswa dengan signifikansi 95% dan
alpha 5% yaitu Fhitung > Ftabel (1409.778 > 3,09). Maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan secara simultan antara kelengkapan fasilitas belajar dan
pengggunaan waktu belajar dirumah dengan prestasi belajar ekonomi siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 031 |
Keywords: | Kelengkapan Fasilitas Belajar; Penggunaan Waktu Belajar; Prestasi Belajar Ekonomi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 08:37 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14803 |