Sihombing, Azmho M. (2016) PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341018 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 7123341018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 7123341018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 7123341018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
5. NIM. 7123341018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 7123341018 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 7123341018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7123341018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7123341018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
13. NIM. 7123341018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 7123341018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling.
Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel ( 8,277 > 1,666) dan variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitng > ttabel ( 5,105 > 1,666). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa disiplin dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel ( 93,087 > 3,12). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,716 yang artinya disiplin dan motivasi belajar sebesar 71,6% dapat menjelaskan prestasi belajar ekonomi dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 043 |
Keywords: | Disiplin Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 08:27 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14802 |