Panggabean, Yusrika (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141060 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 7121141060 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (798kB) | Preview
4. NIM 7121141060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. NIM 7121141060 PERFACE.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
5. NIM 7121141060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6. NIM 7121141060 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 7121141060 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 7121141060 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7121141060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
13. NIM 7121141060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 7121141060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scientific lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Metode Konvensional pada siswa kelas XI IPS di SMA Swasta Persiapan Stabat T.P 2015/2016
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Persiapan Stabat dengan Populasi jumlah seluruh kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Total Sampling dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi adalah objektif tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat vadilitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda soal, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus thitung > ttabel taraf signifikan 95% atau = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 49,67 dengan SD 11,96 dan varians 143,0. Dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol yaitu 45,83 dengan SD 13,20 dan varians 174,3. Sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 80,00 dengan SD 9,47 dan varians 90. Nilai rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 69,83 dengan SD 8,95 dan varians 80,14. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka disimpulkan bahwa data hasil belajar siswa berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel dan homogen Fhitung < Ftabel. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (4,41 > 1,67) taraf signifikan 95% atau = 0,05, hipotesisi statistik : 80,00 > 69,83 sehingga dalam penelitian ini berarti Ha diterima H0 ditolak.
Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scientific lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Metode Konvensional pada siswa kelas XI IPS di SMA Swasta Persiapan Stabat T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 065 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scientific; Metode Konvensional;Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 06:35 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14791 |