Sianturi, Wiwin Rini Anggani (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBEJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN DEMONSTRATION DI KELAS XI - IPS SMA ST.THOMAS 2 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 7123141158 COVER.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
NIM 7123141158 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (844kB) | Preview
NIM 7123141158 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
NIM 7123141158 PREFACE.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
NIM 7123141158 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
NIM 7123141158 TABLES.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
NIM 7123141158 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
NIM 7123141158 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
NIM 7123141158 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (639kB) | Preview
NIM 7123141158 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil
belajar ekonomi yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And
Explaining dan Demonstration.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA ST.Thomas 2 Medan Jalan Mataram
nomor 21 Medan T.P 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI-IPS yang berjumlah 76 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel
dalam peneltian ini adalah kelas XI-IPS 1 sebagai kelas Eksperimen I yang
berjumlah 38 orang dan kelas XI-IPS 2 sebagai kelas Eksperimen II yang
berjumlah 38 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes
hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 25 butir soal yang terlebih
dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil perhitungan tes hasil belajar
dinyatakan dari 30 butir soal, 25 butir soal dinyatakan valid dan tes dinyatakan
reliabel. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan
dk(n1+n2-2) pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05.
Hasil analisis data menunjukkan nilai rata – rata post test kelas
Eksperimen I sebesar 81,71 dan SD = 9,67. Sedangkan nilai rata – rata post-test
kelas Eksperimen II sebesar 75, 52 dan SD = 12,34. Berdasarkan hasil
perhitungan uji hipotesis pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05 diperoleh
thitung>ttabel ( 3,45 > 1,995), maka hipotesis diterima (Ha diterima, dimana Ha:
81,71 > 75,52).
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar
ekonomi yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And
Explaining dan Demonstration pada pokok bahasan perdagangan internasional di
kelas XI-IPS SMA ST.Thomas 2 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKo 029 |
Keywords: | Student Facilitator And Explaining; Demonstration; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 04:22 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14790 |