Ayuni, Sri (2016) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 GEBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7121141053 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 7121141053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
4. NIM. 7121141053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM. 7121141053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
5. NIM. 7121141053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM. 7121141053 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 7121141053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 7121141053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 7121141053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
13. NIM. 7121141053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 7121141053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan cara belajar terhadap prestasi ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gebang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Gebang Kabupaten Langkat pada semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 90 orang. Dalam penelitian ini digunakan metode teknik Total Sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket.
Hasil penelitian diperoleh model regresi linear berganda Y = 29,217+ 0,367X1 + 0,273X2 + e. hal tersebut berarti apabila nilai X1 dan X2 adalah 0, maka nilai Y adalah 29,217. Apabila terjadi kenaikan satu unit nilai X1 maka terdapat peningkatan sebesar 0,367 terhadap Y dan apabila terjadi kenaikan satu unit nilai X2 maka terdapat peningkatan sebesar 0,273 terhadap Y. Koefisien bernilai positif yang berarti ada pengaruh positif antara motivasi berprestasi dan cara belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai R Square sebesar 58,90% yang berarti prestasi belajar ekonomi dapat dijelaskan melalui variabel motivasi berprestasi dan cara belajar sebesar 58,90%. Sedangkan 41,10% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, terdapat pengaruh signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 4,150 dan ttabel 1,666 maka thitung ≥ ttabel (4,150 ≥ 1,666). Selain itu juga terdapat pengaruh antara cara belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 2,955 dan ttabel 1,666, maka thitung ≥ ttabel (2,955 ≥ 1,666). Secara simultan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara antara variabel motivasi berprestasi ( X1), dan cara belajar ( X2) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) dengan nilai fhitung ≥ftabel (62,462 ≥ 3,10).
Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi berprestasi dan cara belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gebang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 071 |
Keywords: | Motivasi Berprestasi; Cara Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 04:14 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14789 |