Hutabarat., Theresia Amelia (2016) PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2013 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 7123341115 COVER 2.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
appora.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
NIM. 7123341115 PREFACE 2.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
TABLE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
chapter I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
bibliografi.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat mahasiswa menjadi guru dan persepsi tentang profesi guru terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi stambuk 2013 Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi UNIMED yang beralamat di Jalan Willem Iskandar Pasar V, Medan Estate pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random acak sederhana yaitu sebagian dari sampel yang berjumlah 196 orang, dan instrument yang di gunakan untuk mengukur minat menjadi guru dan persepsi tentang profesi guru berupa angket. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan hasil dari 25 instrumen minat menjadi guru terdapat 20 soal yang valid dan 5 soal tidak valid dan 25 instrumen persepsi tentang profesi guru terdapat 24 soal yang valid dan 1 soal yang tidak valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas minat menjadi guru adalah sebesar rhitung > rtabel (0,916 > 0,333) dan untuk persepsi tentang profesi guru sebesar rhitung > rtabel (0,923 > 0,333).
Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan 95% atau alpha 5%, hasil yang diperoleh menunjukkan minat menjadi guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dimana nilai thitung > ttabel (5,720 > 1,972). Dan persepsi tentang profesi guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung > ttabel (13,044 > 1,972) . hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variable minat menjadi guru dan persepsi tentang profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi stambuk 2013 Universitas Negeri Medan dengan nilai Fhitung > Ftabel (185,952 > 3,04). Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linier Y = -4,529 + 0,281X1 + 0,804X2.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat menjadi guru dan persepsi tentang profesi guru berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi stambuk 2013 Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 053 |
Keywords: | Minat Menjadi Guru; Persepsi Tentang Profesi Guru;Prestasi Belajar Mahasiswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 03:49 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14783 |