Pasaribu, Kartini (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT DENGAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA YAPIM MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7122141015_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7122141015_ APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM. 7122141015_ ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
4. NIM. 7122141015_ PREFACE.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM. 7122141015_ TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 7122141015_ TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 7122141015_ APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7122141015_ CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
12. NIM. 7122141015_ CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM. 7122141015_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran TGT dengan JIGSAW terhadap hasil belajar ekonomi siswa pada
Materi pelajaran perdagangan internasional Kelas XI IPS 1 SMA Yapim Medan
semester genap. Yang berjumlah 70 orang yang terbagi dalam 2 kelas, sampel kelas
Eksperimen kelas XI IPS-1 dan Sampel kelas Kontrol Kelas XI IPS-2, tehnik
pengambilan sampel dengan yang digunakan adalah penelitian Eksperimen.
Sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen tes yang sebelumnya telah
dilakukan uju Validitas, Reabilitas, Tingkat kesukaran dan daya pembeda soal.
Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenits data.
Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki
varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisa data diperoleh skor ratarata
pre-test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 35,71 dengan simpangan baku
12,37 dan pada kelas kontrol sebesar 34,85 dengan simpangan baku 13,42. Dan
analisa data skor rata-rata pos-test pda kelas eksperimen diperoleh 80,14 dengan
simpangan baku 10,53. Dan pda kels kontrol diperoleh 67,42 dengan simpangan baku
10,73. Dari hasil analisis data dengan mengunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05
diperoleh diperoleh thitung sebesar 5,0019 dan ttabel sebesar 1,667 pada taraf
signifikansi 95% dan dk =n1+n2-2= 35+35-2=68. Jika thitung dibandingkan dengan ttabel
maka diperoleh thitung >ttabel yaitu 5,0019>1,667 maka hipotesis yang diperoleh adalah
ha ditrima dan h0 ditolak.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan
model pembelajaran TGT dengan Jigsaw terhdap hasil belajar ekonomi siswa di kelas
XI IPS-1 Tahun pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK)216 EKO 044 |
Keywords: | Model pembelajaran TGT dengan Jigsaw;Hasil Belajar;Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 03:43 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14781 |