Wati, Ribka Sulistiyo (2016) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141118_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 7123141118_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
4. NIM. 7123141118_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
3. NIM. 7123141118_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
5. NIM. 7123141118_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 7123141118_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7123141118_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7123141118_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 7123141118_BAB I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
13. NIM. 7123141118_BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM. 7123141118_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah fasilitas belajar dan minat belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Belajar dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam peneltian ini adalah menggunakan sampling jenuh dimana seluruh jumlah populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunkan rumus korelasi Product Moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus Croncbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Asumsi Klasik, teknik analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F.
Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 11,103 + 0,406X1 + 0,532X2 + e yang berarti semakin baik fasilitas belajar dan minat belajar siswa maka semakin baik pula prestasi belajar siswa. Pada uji Determinan R2 diperoleh nilai R = 0,823 yaitu menyatakan bahwa fasilitas belajar dan minat belajar berpengaruh 82,30% terhadap prestasi belajar siswa. Pada uji t diperoleh nilai thitung> ttabel (3,872 > 1,703) ada pengaruh yang positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Nilai thitung> ttabel (4,678 > 1,703) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari minat belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dan antara fasilitas belajar dan minat belajar secara bersama – sama berpengaruh terhadap prestasi siswa didapat dengan nilai Fhitung>Ftabel, (62,672 > 3,35).
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Fasilitas Belajar dan Minat Belajar Secara Simultan terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa kelas XI IPS SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 068 |
Keywords: | Fasilitas Belajar; Minat Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 03:28 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14779 |