Wahyuni, Sriminti (2016) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NURUL ISLAM INDONESIA BARU MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141055 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7121141055 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
3. NIM 7121141055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM 7121141055 PERFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM 7121141055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. NIM 7121141055 TABLES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM 7121141055 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8. NIM 7121141055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 7121141055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
13. NIM 7121141055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 7121141055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa Kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan T.P 2015/2016?
Penelitian ini dilakukan di SMA Nurul Islam Indonesia Baru Medan. Jalan Halat No. 20 B Medan dengan populasi sebanyak 52 siswa dan sampel sebanyak 52 siswa karena peneliti mengambil seluruh populasi sebagai sampel dengan menggunakan metode teknik total sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. T.A 2015/2016. Pengolahan data menggunakan regresi linier berganda melalui program aplikasi SPSS 20, diperoleh nilai koefisien regresi pemanfaatan perpustakaan sebesar 0,398, koefisien regresi minat baca sebesar 0,074 dan konstanta regresi sebesar 41,381. Koefisien regresi di atas menunjukan arah pengaruh masing-masing variabel indevenden terhadap variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar diperoleh thitung > ttabel, yaitu thitung = 6,938 > ttabel = 2,009 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, yang berarti Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prsetasi belejar ekonomi siswa. Dan hasil penelitian minat baca terhadap prestasi diperoleh thitung < ttabel, yaitu thitung = 0,827 < ttabel = 2,009 dengan nilai signifikan α 0,412 > 0,05, yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel minat baca tidak signifikan terhadap prestasi belajar.
Secara simultan, dengan membandingkan Fhitung dengan Ftabel diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu Fhitung = 47,392 > Ftabel = 3,19, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara variabel pemanfaatan perpustakaan ( X1), dan minat baca ( X2) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 032 |
Keywords: | Pemanfaatan Perpustakaan; Minat Baca; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Aug 2016 02:56 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14773 |