Siburian, Sarmaida (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GAROGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2.LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
4.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
12.BAB V PENUTUP.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14.DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dengan strategi pebelajaran aktif The Power Of Two terhadap hasil belajar ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Garoga Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda kepada dua kelompok penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Garoga Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa yaitu dari kelas X IIS-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan X IIS-C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 orang. Instrumen atau pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji “t”. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 45,921 dengan standar deviasi 9,854 , dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 42,105 dengan standar deviasi 10,110. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,0929083 dan Ltabel = 0,143727. Untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,0103 , dan Ltabel = 0,143727, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,052 dan Ftabel = 1,766 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Cooperative Script dengan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two dan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 68,947 dengan simpangan baku 11.75, dan kelas kontrol 58,816 dengan simpangan baku 13,776. Hasil uji t diperoleh thitung =3,446 dan ttabel = 1,994, sehingga thitung > ttabel maka Hipotesis diterima. Persentase pengaruh peningkatan hasil belajar siswa diperoleh peningkatan sebesar 17,22% , dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Cooperatve Script dengan strategi pembelajaran aktif The Power Of Two terhadap hasil belajar ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Garoga Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 030 |
Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Script; Strategi Pembelajaran Aktif The Power Of Two; Hasil Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 08:30 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14767 |