Sinaga, Evi Novalina (2016) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI GURU DIKELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SILOU KAHEAN KAB.SIMALUNGUN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141014 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 7121141014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (672kB) | Preview
3. NIM 7121141014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 7121141014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 7121141014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NIM 7121141014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM 7121141014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
8. NIM 7121141014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 7121141014 BAB 1.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13. NIM 7121141014 BAB 5.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
14. NIM 7121141014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Dalam suatu lembaga pendidikan, prestasi belajar meupakan indikator yang penting untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar. Tinggi rendahnya prestasi belajar dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kepemimpinan kepala sekoalh dan komuniaksi guru dikelas. Kenyataannya masih terdapat siswa yang prestasi belajarnya rendah yang diperkirakan dipengaruhi oleh kepemimpian kepala sekoalh dan komunikasi guru.
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi belajar (2) pengaruh antara komunikasi guru dikelas dengan prestasi belajar (3) pengaruh simultan antara kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi guru dikelas dengan prestasi belajar ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Silou Kahean Kab. Simalungun.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Silou Kahean Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga kelas yaitu X 1, X2 dan X3 yang berjumlah 119 siswa. Sampel penelitian ini adalah 119 siswa yang diperoleh melalui teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, R2, uji t dan uji F.
Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 42,243 + 0,310X1 + 0,112X2. Pada uji Determinan R2 diperoleh nilai R = 0,417 yaitu menyatakan bahwa Kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi guru dikelas berpengaruh 41,7%. Pada uji t diperoleh nilai thitung> ttabel (8,381 > 1,657) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Nilai thitung> ttabel (2,816 > 1,657) ada pengaruh yang positif signifikan dari komunikasi guru dikelas terhadap prestasi belajar siswa. Dan antara kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi guru dikelas secara bersama – sama terhadap prestasi pada siswa didapat dengan nilai Fhitung > Ftabel, (41,450 > 3,07).
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Komunikasi Guru Dikelas terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Silou Kahean Kab. Simalungun Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 051 |
Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah; Komunikasi Guru Dikelas; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 08:12 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14764 |