Hasibuan, Ali Sandy (2016) PENGARUH MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA KARTIKA I-2 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341009 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 7123341009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
3. NIM 7123341009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM 7123341009 PERFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM 7123341016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
6. NIM 7123341009 TABLES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7. NIM 7123341009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
8. NIM 7123341009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 7123341009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
13. NIM 7123341009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14.NIM 7123341009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh manajemen waktu belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) apakah ada pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) apakah ada pengaruh manajemen waktu belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Kartika I-2 Medan T.A. 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Kartika I-2 Medan T.A. 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Kartika I-2 Medan, Jalan Bridjen H.A.Manaf Lubis Medan, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang berjumlah 118 orang yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan menggunakan 50% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 59 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah dokumentasi, wawancara, dan tes/kuisioner. Tes/kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data manajemen waktu belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data nilai siswa pada mata pelajaran ekonomi semester genap. Sebelum penelitian dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dilakukan dengan uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F).
Teknik analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 20 diperoleh persamaan garis linear Y = 45,633 + 0,290X1 + 0,180X2. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (5,011) > ttabel (1,671). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (4,652) > ttabel ( 1,671). 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai Fhitung (77,025) > Ftabel (3,18). Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar yaitu sebesar 0,733 yang artinya sebesar 73,3% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh manajemen waktu belajar (X1) dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah (X2).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen waktu belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Kartika I-2 Medan T.A. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 026 |
Keywords: | Manajemen Waktu Belajar; Pemanfaatan Fasilitas Belajar Di Rumah;Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 07:59 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14762 |