Situmorang, Osmin Margaretta (2016) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA PARULIAN I MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141045 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 7121141045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
4. NIM 7121141045 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
3. NIM 7121141045 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM 7121141045 TABLE OF CONTECT.pdf.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM 7121141045 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 7121141045 TABLE.pdf.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8. NIM 7121141015 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM 7121141045 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13. NIM 7121141045 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 7121141045 BIBLIBIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh efikasi
diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X
SMA Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap pretasi belajar
ekonomi siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Parulian 1 Medan yang beralamat di
Jalan Stadion/ Jati I No 23 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X yang berjumlah 90 orang. Sampel dalam penelitian diambil dengan
total sampling. Teknik pengambilan data dilakukan observasi, angket dan
dokomentasi. Validitas angket di uji dengan rumus kolerasi product moment,
sedangkan untuk menguji realibilitas instrument digunakan rumus cronbach
alpha. Tehnik analisis data dengan mengunakan rumus regresi linier berganda, uji
“t”, uji “F” dan koefesien determinasi.
Hasil regresi linier berganda diperoleh Y = 30,324 + 0,370 X1 + 0,287 X2
artinya apabila efikasi diri meningkat satu satuan maka prestasi belajar akan
meningkat sebesar 0,370 dan apabila motivasi berprestasi meningkat satu satuan
maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,287. Pengujian secara parsial (uji
t) variabel efikasi diri diperoleh thitung = 3,148 > ttabel = 1,662 dengan nilai
signifikansi 0,002 < α 0,05 berarti Ha1 diterima yang artinya ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa
dan uji t variabel motivasi berprestasi diperoleh thitung 2,844 > ttabel 1,662 dengan
signifikansi 0,006 < α 0,05 berarti Ha2 diterima yang artinya ada pengaruh yang
positif dan signifikansi antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar
ekonomi siswa. Hasil perhitungan statistik secara bersama-sama (uji F) diperoleh
Fhitung sebesar 39,553 > F tabel 3,10 dengan nilai signifikansi 0.000 < α 0.05 berarti
Ha3 diterima yang artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi
diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hasil uji
koefisien determinasi sebesar 0,476 yang artinya sumbangan atau kontribusi
variabel efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi
sebesar 0,476 atau 47,6 %.
Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima artinya ada pengaruh
positif yang signinifikan antara efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap
prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Parulian 1 Medan Tahun Ajaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 037 |
Keywords: | Efikasi Diri; Motivasi Berprestasi; Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 07:41 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14759 |