PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DIRUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LIMAPULUH, KAB.BATU BARA T.P 2015/2016

Napitupulu, Citra Ayuni (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DIRUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LIMAPULUH, KAB.BATU BARA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7121141005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7121141005 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7121141005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7121141005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7121141005 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7121141005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7121141005 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7121141005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7121141005 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7121141005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7121141005 BAB I.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7121141005 BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 7121141005 BAB V.pdf]
Preview
Text
11. NIM 7121141005 BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 7121141005 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12. NIM 7121141005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh persepsi siswa
tentang kreativitas guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS
SMA Negeri 1 Limapuluh, (2) pengaruh kelengkapan fasilitas belajar dirumah
terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limapuluh,
(3) pengaruh persepsi siswa tentan kreativitas guru dan kelengkapan fasilitas
belajar dirumah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran
Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limapuluh. Jenis penelitian ini adalah ex
post facto, subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1
Limapuluh yang berjumlah 131siswa. Pengumpulan data persepsi siswa tentang
kreativitas guru dan kelengkapan fasilitas belajar dirumah dilakukan dengan
angket, untuk prestasi belajar menggunakan dokumentasi. Uji coba instrumen
dilaksanakan pada 101 siswa kelas XI IPS SMA Ngeri 1 Bandar. Uji validitas
dilakukan dan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk
mengetahui pengaruh antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dan fasilitas
belajar dirumah secara parsial digunakan uji t dan untuk mengetahui pengaruh
secara bersama-sama persepsi siswa tentang kreativitas guru dan kelengkapan
fasilitas belajar dirumah terhterhadap prestasi belajar digunakan teknik analisis
regresi linear berganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) ada pengaruh
positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap
prestasi belajar yang ditunjukkan dengan > yaitu 7,040>1,656, (2)
ada pengaruh positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dirumah
terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan > yaitu 7.406>1,656, (3)
ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru
dan fasilitas belajar dirumah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata
pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limapuluh yang
ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,720, nilai koefisien
determinasi ( ) sebesar 0,516 yang berarti varians prestasi belajar 51,6%
dijelaskan oleh kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran, sedangkan 49,6%
dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 NIAGA 052
Keywords: Persepsi Siswa Tentang Kreativitas Guru; Kelengkapan Fasilitas Belajar Dirumah; Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Aug 2016 07:20
Last Modified: 23 Aug 2016 07:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14755

Actions (login required)

View Item
View Item