Napitupulu, Citra Ayuni (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU DAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DIRUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 LIMAPULUH, KAB.BATU BARA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7121141005 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 7121141005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM 7121141005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
3. NIM 7121141005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM 7121141005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM 7121141005 BAB I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
11. NIM 7121141005 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
12. NIM 7121141005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh persepsi siswa
tentang kreativitas guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS
SMA Negeri 1 Limapuluh, (2) pengaruh kelengkapan fasilitas belajar dirumah
terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limapuluh,
(3) pengaruh persepsi siswa tentan kreativitas guru dan kelengkapan fasilitas
belajar dirumah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran
Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limapuluh. Jenis penelitian ini adalah ex
post facto, subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1
Limapuluh yang berjumlah 131siswa. Pengumpulan data persepsi siswa tentang
kreativitas guru dan kelengkapan fasilitas belajar dirumah dilakukan dengan
angket, untuk prestasi belajar menggunakan dokumentasi. Uji coba instrumen
dilaksanakan pada 101 siswa kelas XI IPS SMA Ngeri 1 Bandar. Uji validitas
dilakukan dan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk
mengetahui pengaruh antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dan fasilitas
belajar dirumah secara parsial digunakan uji t dan untuk mengetahui pengaruh
secara bersama-sama persepsi siswa tentang kreativitas guru dan kelengkapan
fasilitas belajar dirumah terhterhadap prestasi belajar digunakan teknik analisis
regresi linear berganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) ada pengaruh
positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru terhadap
prestasi belajar yang ditunjukkan dengan > yaitu 7,040>1,656, (2)
ada pengaruh positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dirumah
terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan > yaitu 7.406>1,656, (3)
ada pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru
dan fasilitas belajar dirumah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata
pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Limapuluh yang
ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,720, nilai koefisien
determinasi ( ) sebesar 0,516 yang berarti varians prestasi belajar 51,6%
dijelaskan oleh kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran, sedangkan 49,6%
dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 052 |
Keywords: | Persepsi Siswa Tentang Kreativitas Guru; Kelengkapan Fasilitas Belajar Dirumah; Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 07:20 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14755 |