Hutahaean, Lidia Aprileny (2016) PENGARUH SENSE OF HUMOR GURU DAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM. 7123341063 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
NIM. 7123341063 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (751kB) | Preview
NIM. 7123341063 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
NIM. 7123341063 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
NIM. 7123341063 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
NIM. 7123341063 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
NIM. 7123341063 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
NIM. 7123341063 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
NIM. 7123341063 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
NIM. 7123341063 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh sense of
humor guru dan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas
XI SMA Swasta Raksana Medan T.P. 2015/2016. Dengan demikian penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh sense of humor guru dan pengelolaan kelas
terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Raksana Medan
T.P. 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Raksana Medan yang
beralamat di Jalan Gajah Mada, No 20. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI-IPS di SMA Swasta Raksana Medan T.P. 2015/2016.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total
sampling, yaitu seluruh anggota populasi sebanyak 89 siswa dijadikan sebagai
sampel, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur sense of humor guru dan
pengelolaan kelas berupa angket. Validitas tes diuji dengan menggunakan product
moment dengan hasil dari masing-masing variabel sense of humor guru dan
pengelolaan kelas dinyatakan 25 soal valid. Reliabilitas tes diuji dengan
menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas sense of
humor guru adalah sebesar 0,723>0,294 (rhitung>rtabel) dan untuk pengelolaan kelas
sebesar 0,706>0,294 (rhitung>rtabel).
Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 5,932 +
0,773X1 + 0,432X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada taraf
signifikan alpha 5%, hasil yang diperoleh menunjukkan sense of humor guru
berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung>ttabel
(7,321>1,663). Dan pengelolaan kelas berpengaruh secara siginifikan terhadap
prestasi belajar dimana thitung>ttabel (5,327>1,663). Hasil yang diperoleh pada uji F
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara
simultan variabel sense of humor guru dan pengelolaan kelas terhadap prestasi
belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Swasta Raksana Medan T.P. 2015/2016
dengan nilai Fhitung>Ftabel (89,053>3,10).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sense of humor
guru dan pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa
kelas XI SMA Swasta Raksana Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 062 |
Keywords: | Sense Of Humor Guru; Pengelolaan Kelas; Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 06:29 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14748 |