Indrayani, Nike (2016) PENGARUH KARAKTER BUDAYA AKADEMIK DAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141095 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM 7123141095 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM 7123141095 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
3. NIM 7123141095 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 7123141095 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM 7123141095 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 7123141095 GRAPHIX.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 7123141095 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 7123141095 CHAFTER I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
13. NIM 7123141095 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
14. NIM 7123141095 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan dari Karakter Budaya Akademik dan Efikasi Diri terhadap
Prestasi Belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi
Unimed Stambuk 2013.
Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Tata Niaga Fakultas
Ekonomi Universitas Negeri Medan T.A 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini
adalah mahasiswa Pendidikan Tata Niaga stambuk 2013 yang berjumlah 108
orang dan sampel 38 orang dengan teknik proportional random sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Uji validitas
instrument menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan
Alpha Cronbach. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear
berganda, perhitungan determinasi, uji t (uji koefisien regresi parsial) dan uji f (uji
koefisien regresi simultan) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu
uji normalitas, uji linearitas dan multikolinieritas.
Hasil persamaan linear berganda yaitu diperoleh Y= 0,963 + 0,011X1 +
0,009X2. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa variabel Karakter
Budaya Akademik (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
Prestasi Belajar mahasiswa dimana thitung > ttabel (3,711 > 2,026), dan variabel
Efikasi Diri (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar
mahasiswa dimana thitung > ttabel (2,438 > 2,026). Kemudian secara simultan
menunjukkan bahwa variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan dan positif
terhadap Prestasi Belajar mahasiswa pada taraf alpha 5%, dengan nilai Fhitung >
Ftabel (85,416 > 3,27). Karakter Budaya Akademik dan Efikasi Diri (Self Efficacy)
memberi kontribusi sebesar 83% terhadap prestasi belajar mahasiswa, yang
ditunjukkan pada koefisien determinasi 0,830 , sisanya dipengaruhi oleh variabelvariabel
lain diluar analisa penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis yang telah
dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan
antara Karakter Budaya Akdemik dan Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap
Prestasi Belajar mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Medan T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK--2016 NIAGA 041 |
Keywords: | Karakter Budaya Akdemik; Efikasi Diri (Self Efficacy);Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 02:42 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14731 |