Perangin-angin, Asnawati (2016) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 SIDIKALANG T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7122141037 JUDUL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2 NIM. 7122141037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
3 NIM. 7122141037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
4 NIM. 7122141037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5 NIM. 7122141037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
6 NIM. 7122141037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 NIM. 7122141037 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM. 7122141037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9 NIM. 7122141037 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
13 NIM. 7122141037 BAB V.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
14 NIM. 7122141037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya Prestasi Belajar Siswa Kelas X
mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Pelajaran
2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemandirian
Belajar dan Manajemen Waktu terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mata
Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sidikalang yang beralamat di
Jln.Air Bersih No.64 Sidikalang Kabupaten Dairi. Populasi dalam penelitian ini
terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 316 siswa. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 79 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan ini adalah menggunakan observasi, dokumentasi, dan
angket. Kemandirian belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y), diperoleh Variabel
kemandirian belajar mempunyai thitung yakni 3,607 dengan ttabel= 3,12. thitung
(3,607)> ttabel (1,991). Maka dapat disimpulkan kemandirian belajar memiliki
pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dan Manajemen Waktu (X2)
terhadap Prestasi Belajar (Y), diperoleh Variabel manajemen waktu mempunyai
thitung yakni 7,915 dengan ttabel=3,12. thitung(7,915)>ttabel(1,991). Jadi dapat
disimpulkan majemen waktu memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi
belajar. Kemudian Pengujian secara simultan X1, dan X2 terhadap Y diperoleh
nilai F hitung sebesar 24,875 dengan nilai probabilitas (sig)=0,000. Nilai Fhitung
(37,997) > Ftabel (3,14), dan nilai sig. lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau
nilai 0,000 < 0,05. Artinya, secara bersama-sama (simultan) kemandirian belajar
dan manajemen waktu berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara kemandirian belajar dan manajemen waktu terhadap prestasi
belajar siswa kelas X mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Sidikalang tahun
pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 057 |
Keywords: | Kemandirian Belajar; Manajemen Waktu; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 02:16 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14730 |