Sihombing, Efsah Ulima (2016) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7123141035 JUDUL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2 NIM. 7123141035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
3 NIM. 7123141035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4 NIM. 7123141035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5 NIM. 7123141035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6 NIM. 7123141035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7 NIM. 7123141035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8 NIM. 7123141035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9 NIM. 7123141035 BAB I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13 NIM. 7123141035 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14 NIM. 7123141035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi pedagogik guru
dan minat belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Ajaran
2015/2016. Tujuam dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
kompetensi pedagogik guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sidikalang. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 141 orang dan
sampel berjumlah 70 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur
kompetensi pedagogik guru dan minat belajar berupa angket yang berjumlah 22
butir item untuk variabel kompetensi pedagogik guru, 20 butir item untuk variabel
minat belajar dan DKN untuk variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji
dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji degan
menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus
regresi linea berganda. Selnjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial uji t,
secara smultan digunakan uji f dan koefisien determinasi (R2).
Bedasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20 diperoleh
persamaan regresi linear berganda 40,011 + 0,181X1 + 0,440X2. Selanjutnya
variabel kompetensi pedagogik guru (X1) memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel
(2,608 > 1,667) dengan sig 0,011, sementara minat belajar (X2) memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa
dengan (5,765 > 1,667) dengan sig 0,000. Secara bersama-sama kompetensi
pedagogic guru dan minat belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (24,875 >
3,13). Nilai determinasi (R2) kontribusi kompetensi pedagogik guru dan minat
belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 42,6%. Artinya kompetensi
pedagogik guru dan minat belajar dapat menjelaskan prestasi belaja siswa sebesar
42,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan
dalam penelitian ini.
Dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dan minat belajar
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa
kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 059 |
Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru; Minat Belajar;Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Aug 2016 01:30 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 01:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14723 |