Hasibuan, Putri Permata In (2016) PENGARUH INOVASI GURU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 RANTAU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341087 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 7123341087 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. NIM. 7123341087 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4. NIM. 7123341087 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 7123341087 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
6. NIM. 7123341087 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 7123341087 TABLES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
8. NIM. 7123341087 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 7123341087 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
13. NIM. 7123341087 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 7123341087 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh inovasi guru dan kemampuan berpikir terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X SMKNegeri 1 Rantau utara T.A. 2015/2016. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasiguru dan kemampuan berpikir siswa terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 1 Rantau Utara T.A. 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKNegeri 1 Rantau Utara yang beralamat di Jalan Jendral Ahmad Yani, No 32. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Rantau Utara T.A. 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random purposive, yaitu sebagian anggota populasi sebanyak 84 siswa dijadikan sebagai sampel, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur inovasi guru dan kemampuan berpikir siswa berupa angket. Validitas tes diuji dengan menggunakan product moment dengan hasil dari masing-masing variabel inovasi guru dinyatakan 18 soal valid dan kemampuan berpikir siswa dinyatakan 16 soal valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas inovasi guru adalah sebesar 0,705>0,361 (rhitung>rtabel) dan untuk kemampuan berpikir sebesar 0,767>0,361 (rhitung>rtabel).
Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 33,931+0,393 X1+0,200 X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikan alpha 5%, hasil yang diperoleh menunjukkan inovasi guru berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung>ttabel (8,337>1,9890). Dan kemampuan berpikir berpengaruh secara siginifikan terhadap prestasi belajar dimana thitung>ttabel (4,543>1,9890). Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan variabel inovasi guru dan kemampuan berpikir siswa terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X SMKNegeri 1 Rantau Utara T.A. 2015/2016 dengan nilai Fhitung>Ftabel (48,129>3,15).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa inovasi guru dan kemampuan berpikir siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 1 Rantau Utara T.A. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 042 |
Keywords: | Inovasi Guru; Kemampuan Berpikir;Prestasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 06:40 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14708 |