Hutagalung, Febrina (2015) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SIPOHOLON T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113141033 COVER.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7113141033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
7113141033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
7113141033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7113141033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
7113141033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
7113141033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7113141033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7113141033 BAB I.pdf - Published Version
Download (619kB) | Preview
7113141033 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7113141033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru(X1) dan motivasi belajar(X2) terhadap prestasi belajar(Y) siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA N 1 Sipoholon Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Sipoholon . Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 69 orang dan sampel adalah seluruh siswa yang berjumlah 69 orang . Validatas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear sederhana dan regresi variabel mediasi dengan kausal step. untuk menguji hipotesis dilakukan secara parsial uji t. Setelah uji validatas kreativitas guru (X1),dan motivasi belajar(X2) dilakukan hasil keseluruhannya valid. Dan untuk reliabilitas kreativitas guru (X1),(0,799>0,361) (r11 > rtabel) dan untuk motivasi belajar (X2) (0,828>0,361), (r11 > rtabel). Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan garis linear Y = 50,249 + 0,383X yaitu kreativitas guru (X1) terhadap prestasi belajar (Y), selanjutnya persamaan Y = 41,777 + 0,489X yaitu kreativitas guru(X1) terhadap motivasi belajar (X2), dan persamaan Y = 19,802 + 0,753X yaitu motivasi belajar (X2)terhadap prestasi belajar YDan untuk hasil regresi variabel mediasi dengan metode kausal step diperoleh hasil pengaruh variabel bebas kreativitas guru menjadi tidak berpengaruh atau mengalami penurunan terhadap prestasi belajar setelah memasukkan variabel mediasi (motivasi belajar) sebesar 0,026 dengan signifikansi 0,462 sehingga dapat disimpulkan motivasi belajar disebut juga sebagai perfect mediation.Secara parsial menunjukkan ada pengaruh kreativitas guru(X1) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 6,765>1,697 dan ada pengaruh motivasi belajar(X2) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 21,606>1697, maka dari hasil pengolahan maka hipotesis diterima atau ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS DI SMA N1 Sipoholon T.A 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 087 |
Keywords: | Kreativitas Guru; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14692 |