Silitonga, Epenetus (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KOTAPINANG T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113141026 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7113141026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
7113141026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
7113141026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
7113141026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
7113141026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7113141026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7113141026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7113141026 BAB I.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
7113141026 BAB V.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
7113141026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Media Visual dan Kreativitas Guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Kotapinang T.A 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Kotapinang T.A 2014/2015 yang berjumlah 107 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random sampling dengan jumlah sampel 80 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, heteroskedastis, regresi berganda, uji F, uji t, dan determinasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20., diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 16.521 + 0.410 X1 + 0. 513 X2 + e. Variabel media visual (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig < 0.05 atau 0.000 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 6,971 > 1,665 dan variabel kreativitas guru (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig 0.000 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 9,424> 1,665. Secara bersama-sama penggunaan media visual dan kreativitas guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig <0.05 dimana 0.000 < 0.05. Persentase sumbangan penggunaan media visual dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 60.7%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t penggunaan media visual dan kreativitas guru masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Secara uji simultan penggunaan media visua dan kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 088 |
Keywords: | Media Visual: Kreativitas Guru:Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14689 |