Purba, Chintya Eriana Putri (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113141014 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7113141014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
7113141014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
7113141014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
7113141014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
7113141014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7113141014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7113141014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7113141014 BAB I.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
7113141014 BAB V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7113141014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode belajar konvensional pada materi pokok Uang dan Lembaga Keuangan Perbankan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Parulian 1 Medan yang beralamat di Jalan Stadion Teladan No. 23 Medan pada Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan yang berjumlah 117 orang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive sampling, dimana sampel terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 43 siswa dan kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 butir soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan dari 20 butir soal untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan taraf kesukaran tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji t dengan dk (n1+n2-2) pada taraf signifikan � = 0,05. Hasil pemberian post test pada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 74,535 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 50 dan standar deviasi 13,220. Pada kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar siswa 67,083 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 50 dan standar deviasi 13,059. Hasil pengujian hipotesis menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 dimana thitung > ttabel (9,35 > 1,667) yang berarti Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 083 |
Keywords: | Metode Pembelajaran Quantum Learning; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14682 |