Munte, Ayu Sasni (2015) PENGARUH SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, DAN BELAJAR MANDIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DOLOKSANGGUL T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113141012 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7113141012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
7113141012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
7113141012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7113141012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
7113141012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7113141012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7113141012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7113141012 BAB 1.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
7113141012 BAB V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
7113141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sosial ekonomi orang tua, keterampilan mengajar guru, dan belajar mandiri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Doloksanggul T.P 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Doloksanggul T.P 2014/2015 yang berjumlah 135 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode random sampling dengan jumlah sampel 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, regresi linear berganda, uji t, uji F, dan determinasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 21.0, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 27.151 + 0.190 X1 + 0. 088 X2 + 0.364 X3 + e. Variabel sosial ekonomi orang tua (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig < 0.05 atau 0.02 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 3.289 > 1.687, variabel keterampilan mengajar guru (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig 0.039 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 2.137> 1.687, dan variabel belajar mandiri (X3) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig 0.000 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 5.225 > 1.687 . Secara bersama-sama sosial ekonomi orang tua, keterampilan mengajar guru, dan belajar mandiri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig <0.05 dimana 0.000 < 0.05. Persentase sumbangan sosial ekonomi orang tua, keterampilan mengajar guru, dan belajar mandiri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 67%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t sosial ekonomi orang tua, keterampilan mengajar guru, dan belajar mandiri masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Secara uji simultan sosial ekonomi orang tua, keterampilan mengajar guru, dan belajar mandiri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 089 |
Keywords: | Sosial ekonomi orang tua; keterampilan mengajar guru; belajar mandiri; prestasi belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14680 |