Panjaitan, Ayana A. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 LUMBAN JULU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113141010 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7113141010 SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
7113141010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
7113141010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7113141010 DAFTAR ISI SIKRIPSI.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
7113141010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7113141010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7113141010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7113141010 BAB I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
7113141010 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7113141010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lumban Julu Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lumban Julu Tahun Pembelajaran 2014/2015 dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 3 (tiga) kelas dengan jumlah total 75 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling yaitu kelas XI-IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item soal.Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata postest siswa kelas eksperimen = 70,2 dengan S = 6,99 dan nilai rata-rata postest siswa kelas kontrol = 62,8 dengan S = 8,43, hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan uji t, thitung sebesar 4,659 sedangkan ttabel sedangkan ttabel 2,013 pada taraf α = 0,05 dan interval kepercayaan 95% dengan dk=24. Dengan demikian thitung > ttabel yaitu 4,659 > 2,013 dengan kata lain hipotesis diterimaDapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Lumban Julu Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 085 |
Keywords: | Model Pembelajaran Reciprocal Teaching; Pembelajaran Konvensional Dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14679 |