Hafni, Zainur (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7112142015 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7112142015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
7112142015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
7112142015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
7112142015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7112142015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7112142015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7112142015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7112142015 BAB I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
7112142015 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7112142015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI SMK Sinar Husni Medan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran The Power of Two terhadap hasil belajar akuntansi siswa Kelas XI SMK Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas dan jumlah seluruh populasi adalah 133 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI-2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI-3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Dimana sebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran The Power of Two lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran The Power of Two adalah nilai rata-rata pre test 35,75, dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 15 serta standar deviasi 16,39 dan post test sebesar 78,63 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 50 serta standar deviasi 12,81. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Konvensional adalah nilai rata-rata pre test 37,38 dengan nilai tertinggi 60 dan nilai terendah 10 serta standar deviasi 13,77 dan post test sebesar 70,63 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40 serta standar deviasi 14,20. Hasil uji t pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05, maka diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,6415 > 1,667 yang berarti hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran The Power of Two terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 075 |
Keywords: | Explicit Instruction;The Power Of Two;Metode Konvensional;Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14676 |